Geologi Fisik

Pendahuluan

Geologi Fisik adalah bagian dari ilmu geologi yang mempelajari materi dan proses pembentukannya yang terjadi baik itu dipermukaan maupun di dalam bumi.

Geologi merupakan bagian dari berbagai aspek lingkungan hidup manusia. Berbagai proses dan aspek pembentukan masyarakat memerlukan pengetahuan dasar geologi. Contohnya: Sumber daya alam dan energi, pembangungan, lingkungan maupun bencana alam.

Aplikasi baru dalam Ilmu Geologi Moderen
• Mineralogi dan Kedokteran (Polusi lingkungan hidup seperti asbes, merkuri dan peptisida.)
• Geologi lingkungan purba (GeoArkeologi)
• Bencana gempa bumi dan bencana Gunung Berapi (telah menelan korban lebih dari 100.000 jiwaj selama 100 tahun terakhir)

Sejarah Ilmu Geologi
Catastrophism : sepanjang abad ke 17 dan 18 doktrin katastrofisme sangat populer. Para penganutnya percaya bahwa bentuk permukaan bumi dan segala kehidupan diatasnya terbentuk dandan musnah dalam sesaat akibat suatu bencana (catastroph) besar.

James Hutton, bapak geologi modern, seorang ahli fisika Skotlandia, pada tahun 1795 menerbitkan bukunya : Theory of the Earth. Dimana ia mencetuskan doktrinnya Uniformitarianism.

KONSEP GEOLOGI MODERN
Uniformitarianisme merupakan konsep dasar geologig modern. Doktrin ini menyatakan bahwa hukum-hukum fisika, kimia dan biologi yang berlangsung saat ini berlangsung juga pada masa lampau. Artinya, gaya-gaya dan proses-proses yang membentuk permukaan bumi seperti yang kita amati saat ini telah berlangsung sejak terbentuknya bumi. Doktrin ini lebih terkenal sebagai:
The present is the key to the past.

Sejak itulah orang menyadari bahwa bumi selalu berubah. Dengan demikian jelaslah bahwa geologi sangat erat hubungannya dengan waktu.


GUEST BLOG:
Penulis dibalik Artikel ini: Rahmat Wira Dafitra |
Hotnews.web.id | Blog Paper's


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari "L-e" di inbox anda: