Kompetisi web Kompas MuDa & AQUA

Kompetisi WEB Kompas Muda & AQUA
Ketika saya menjalani rutinitas saya pagi-pagi membaca kompas.com, ada flash banner yang menuntun saya menuju mudaers.com. itulah yang membuat saya mengikuti kompetisi web yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun ke-4 para mudaers,komunitas kompas muda.



kompetisi web yang mengusung tema it's about us : air untuk masa depan dapat diikuti oleh siapapun alias Free, saya pun tidak mau kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Kompetisi WEB Kompas Muda & AQUA dan jadilah artikel berikut mengenai air untuk masa depan.

It's About Us : Air untuk Masa Depan


Semua pasti sudah tau betapa pentingnya air bagi kehidupan di muka bumi.tapi kesadaran dan tindakan untuk menjaga air tetap dalam posisinya sebagai yang di pentingkan dan sangat dibutuhkan sepenuhnya terletak pada kita "Si Pembunuh Air". Entah mengapa setiap pribadi (termasuk penulis) yang teramati oleh kedua mata sangat sulit untuk menciptakan kesadaran dan tindakan untuk menjaga air.kali ini kompas bersama aqua dan para mudaers mencoba menciptakan kesadaran itu lewat Tulisan Tulisan yang berasal dari pemikiran muda mudi bangsa ini yang di rangkum dalam Kompetisi web kompas muda & Aqua. tema yang di usung saya tetapkan sebagai judul artikel ini, yaitu It's about Us : Air untuk Masa Depan. tema yang bagus untuk mengembangkan rasa Awareness dalam diri muda mudi bangsa ini.

Guru-guru kita jelas sudah memberikan pelajaran pada kita bahwa 3/4 tubuh kita di pasok oleh cairan, dan 3/4 cairan itu perlahan akan berkurang dengan padatnya aktifitas yang kita lakukan. Bagaimana tubuh kita dapat kita charge? Minum air adalah jawab nya. Air yang bersih, tidak bau, tidak kuning, tidak terkontaminasi bahan kimia, yang masih kaya akan mineral.

Bagaimana Air kita saat ini, di abad 21 ini? yang terlintas di pikiran saya bukanlah air yang perannya sebagai sumber kehidupan, melainkan sebaliknya. banyak nyawa yang hilang akibat air(banjir). Bahkan kita,anak cucu kita di hantui air lautan yang kian meninggi karena pemanasan Global.Bayangkan apa yang terjadi kepada anak cucu kita nanti jika air yang berasal dari pencairan kutub utara dan kutub selatan menambah pasokan air ke lautan. Sungguh ironis, air yang seharusnya kita gunakan untuk kelangsungan hidup kini telah menjadi bom waktu yang siap meledak.

Kita sebagai manusia yang di anugrahkan pikiran, tidak lah etis terus bersemayam pada penyebab mengapa air saat ini menjadi mimpi buruk bagi kehidupan makhluk jenius seperti kita semua. biarlah Mr.Curiosity dalam diri kita kembali membara untuk mengembalikan keseimbangan yang pernah kita rusak bersama.kita punya muda mudi & anak anak brilliant yang akan menyelesaikan semua masalah ini , amin. namun sebelum muda mudi & anak anak kita berjuang di ujung tombak, kita sebagai yang sudah di beri pemikiran dengan ini bersama sama lah menyiapkan rambu rambu bahwa air butuh dirinya yang dahulu, bahwa dunia ingin hidupnya yang dulu.berhenti merusak, berhenti tidak peduli, berhenti permainkan bumi.

Tak ada cara yang perlu di tuangkan , tak ada metode yang perlu di tuliskan, tak ada teknologi yang perlu di ciptakan untuk mengembalikan semua ini. semua nya sudah tertanam di hati kita, namun terlalu dalam hingga kita tak bisa melihatnya.Awareness yang bangkit yang di ikuti dengan tindakan akan membantu muda mudi & anak anak kita nanti mengembalikan keadaan seperti semula, percayalah itu akan sangat membantu.

ada satu pesan yang saya ingin sampaikan kepada muda mudi diseluruh dunia, pesannya "Bukan air yang kita butuhkan, bukan udara yang menghidupkan kita, tapi bumi membutuhkan keseimbangan agar kita bisa tetap menginjakkan kaki kita di atas nya".


Salam hangat dari tetes air di ujung Gurun... ('.'~)
artikel untuk Kompetisi web Kompas MuDa & AQUA



MuDA Creativity 4th Anniversary
"IT's about Us : Air untuk Masa Depan"
kerja bareng Kompas MuDA dengan AQUA