pria 419

Pernah dengar istilah 419 Man? Sama dong, saya juga tau istilah ini tadi pagi, di acara Oprah. Tapi kalau nerima email yang isinya menawarkan uang jutaan dolar, pernahkan? Salah satu email yahoo saya sering banget nih dapat email seperti ini

Nah, para pengirim email itulah yang disebut pria 419 (419 Man). Menurut pakar yang diwawancarai di oprah, mereka umumnya berasal dari Nigeria. Disana, orang-orangnya pintar tapi tidak memiliki lapangan pekerjaan. Kemudian penegakan hukum terhadap mereka juga lemah sehingga makin menjamurlah para pria 419 ini. Dan yang umumnya menjadi sasaran mereka adalah warga Amerika, karena warga Amerika dianggap bodoh. Bukan bodoh karena gak punya pendidikan (karena banyak korbanya dari kalangan berpendidikan), tapi karena mereka terlalu serakah, ingin cepat kaya dan juga karena mereka terlalu baik hati.

Seperti yang dikisahkan oleh salah seorang korbannya. Dia menerima sebuah fax. Isinya tentang seorang pengusaha kaya di Afrika yang mengalami kecelakaan dan harus di operasi di Amerika. Si pengusaha ini memerlukan dana awal untuk biaya transfer uangnya yang dari Afrika ke Bank di Amerika. Akhirnya si korban ini mentransfer sebesar 10.000 dolar. Dia punya pengalaman bahwa untuk transfer antar negara memang butuh biaya yang besar (jadi dia gak merasa ada unsur penipuan). Dia melakukannya karena merasa kasihan pada si pengusaha tersebut dan juga karena diiming-imingi akan mendapat ganti rugi yang beberapa kali lebih besar. Ternyata ya memang ditipu.

Terus korban lainnya, dikirimi cek palsu sebesar 15.000 dolar, kemudian dia diminta mengirim balik uang dalam bentuk tunai sebesar 4000 dolar ke pengirim cek tersebut. Ya ketipu juga deh.

Jadi jangan gampang terlena ya oleh tawaran semacam ini. Ingat korban-korbannya terjerat karena mereka terlalu serakah, ingin cepat kaya dan juga karena mereka terlalu baik hati.

Buat info lengkap tentang masalah penipuan seperti ini, kunjungi http://www.419eater.com